Balon Udara adalah Balon yang
dibuat sedemikian rupa agar dapat terbang atau melayang di udara baik dibiarkan
bergerak maupun tidak bergerak sama sekali. Balon Udara sendiri dibuat dengan tujuan untuk menarik perhatian
khalayak ramai. Karena itu lah Balon Udara
sering digunakan sebagai media promosi suatu produk maupun usaha seseorang.
Alasan Balon Udara biasa digunakan untuk mempromosikan suatu produk
diantaranya :
· Dapat dilihat dari jarak yang jauh karena
promosi menggunakan media ini akan membuat produk
yang kita promosikan melayang
di udara.
· Memiliki daya Tarik tersendiri.
· Proses pemasangannya tidak memerlukan alat
kontruksi yang berat
· Proses pemasangan maupun pembongkaran yang tidak
begitu rumit
· Biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.
Pemasangan Balon Udara sebagai
media promosi dikatakan sangat efektif, hal ini karena :
- Rata-rata ketinggian pemasangan Balon Udara adalah 30 meter dari atas permukaan tanah. Bisa dibayangkan luasnya cakupan jarak pandang dari orang-orang yang bisa melihatnya. Apalagi jika Balon Udara tersebut di pasang di tempat yang sangat strategis, maka efektifitas dari pemasangan Balon Udara tersebut akan bertambah dua kali lipat. Maka tidak heran saat kita berkendara di jalan tol, dari jarak yang cukup jauh kita sudah bisa melihat promosi Balon Udara yang dipasang di sepanjang jalan tol tersebut.
- Bentuk Balon Udara yang bermacam-macam. Saat ini ada balon udara yang berbentuk karakter sesuai dengan keinginan dari perusahaan yang ingin memasangnya. Misalnya Balon Udara berbentuk mobil, botol, rumah dan masih banyak yang lainnya. Bentuk dari Balon Udara yang bisa di buat secara khusus ini semakin menarik perhatian bagi orang-orang. Maka tidak heran misalnya perusahaan produksi kecap membuat Balon Udara berbentuk kecap dan disertai dengan logo dari perusahaan mereka. Sehingga dari jarak jauh orang-orang sudah bisa langsung memahami bahwa promosi ini dilakukan perusahaan kecap tertentu. Walaupun belum melihat detail dari dari maksud promosi tersebut.
Balon Udara |
Jadi media promosi menggunakan Balon Udara bersifat fleksible dan
universal karena ini dapat digunakan di banyak acara seperti expo, promo
produk, peluncuran produk, pembangunan property, penerimaan murid atau
mahasiswa baru, pesan layanan masyarakat atau iklan pemerintah, pesta rakyat,
acara otomotif, pembukaan gedung baru dll.
Jenis Balon Udara yang sering digunakan
sebagai media promosi :
·
Balon
Udara kotak
·
Balon
Udara oval
·
Balon
Udara jet
Untuk perusahaan
kontraktor sendiri biasanya menggunakan Balon
Udara yang berbentuk kotak, hal ini dikarenakan Balon Udara kotak lebih dapat memuat banyak informasi maupun gambar
dari produk yang ingin ditawarkan.